Tuesday, October 23, 2012

VISI, MISI DAN TUJUAN SMA NEGERI 20 PALEMBANG

VISI, MISI DAN TUJUAN SMA NEGERI 20 PALEMBANG

Visi Sekolah

Profil SMA Negeri 20 Palembang yang harus mengalami perubahan seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang didasari oleh kebutuhan masyarakat yang semakin modern. Perubahan tersebut dilakukan melaui inovasi terhadap perbaikan kondisi obyektif sekolah. Hal ini penting karena perbaikan kondisi obyektif tersebut diperlukan untuk mencapai target-target mutu yang diinginkan. Perubahan harus diarahkan dalam rangka pengembangan sekolah sebagai upaya peningkatan mutu lulusan. Perubahan tersebut harus dikelola dan direncanakan sesuai dengan standar pengelolaan pendidikan (Permendiknas No. 19/2007).

Seperti apa perubahan yang diinginkan oleh semua warga SMA Negeri 20 Palembang ke depan, telah disepakati bersama visi sekolah sebagai berikut:

”Menciptakan lulusan yang berkualitas, Beriman, dan Bertaqwa”

Visi tersebut disepakati sebagai imajinasi moral yang menggambarkan profil SMA Negeri 20 Palembang 4 (empat) tahun yang akan datang. Visi sekolah ini direfleksikan dalam kehidupan sehari-hari oleh semua warga sekolah.

 

Bagaimana ukuran keberahasilan sekolah mewujudkan imajinasi moral tersebut, perlu dijabarkan secara jeli, tajam dan konkrit dalam beberapa indikator. Indikator visi adalah ciri atau penanda ketercapaian visi yang dapat diukur atau diamati.


Misi Sekolah


Misi sekolah merupakan penjabaran visi dalam bentuk rumusan tugas, kewajiban, dan rancangan tindakan yang dijadikan arahan untuk mewujudkan visi. Dengan kata lain, misi adalah bentuk layanan untuk memenuhi tuntutan yang dituangkan dalam visi dengan berbagai indikatornya.

Seiring dengan visi yang telah dirumuskan di atas, maka SMA Negeri 20 Palembang merumuskan misi sekolah sebagai berikut:

a. Menciptakan Lulusan Yang Unggul Dalam Pengetahuan Dan Teknologi (Iptek).

b. Menciptakan Lulusan Yang Berkualitas, Beriman Dan Bertakwa (Imtaq).

c. Menciptakan Lulusan Yang Sopan, Santun Dan Bermartabat.

 

TUJUAN SEKOLAH

Bertolak dari visi dan misi tersebut di atas, SMA Negeri 20 Palembang mengupayakan agar siswa-siswa SMA Negeri 20 Palembang memiliki kualitas keunggulan menghadapi era mandiri yang serba kompetitif.

Dalam MPMBS 2003 s.d 2011, tujuan SMA Negeri 20 Palembang adalah sebagai berikut :

1. Terlaksananya proses belajar mengajar yang optimal.

2. Memiliki prestasi olahraga dan kegiatan ekstra kurikuler unggulan.

3. Keimanan dan ketaqwaan merupakan tujuan hidup seluruh warga sekolah.

4. Mengupayakan agar kapabilitas dan kredibilitas guru-guru mata pelajaran dari tahun ketahun terus meningkat.

5. Memiliki Kelompok Penelitian yang mampu berkarya dalam setiap lomba karya ilmiah remaja baik pada tingkat Propinsi maupun tingkat Nasional.

6. Mengupayakan agar rata-rata nilai lulusan anak didik nantinya dari tahun ketahun dapat meningkat.

7. Minimal 75 % lulusan yang mendaftar di perguruan tinggi Negeri maupun swasta dapat diterima.

8. Membangun dua lokal kelompok belajar 



ads

Ditulis Oleh : Rieza Harry Hari: 12:00 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

@PalembangNews

@InfoBaseng